Cegah Penyakit Ginjal dengan “CERDIK”

Bantu share ya

8 April adalah hari ginjal sedunia, ginjal sebagai salah satu organ yang penting ditubuh kita. Mengutip data 7th Report of Indonesian Renal Registry, urutan penyebab gagal ginjal pasien yang mendapatkan haemodialisis berdasarkan data tahun 2014, karena hipertensi (37%), penyakit dibetes mellitus atau Nefropati Diabetika (27%), kelainan bawaan atau Glomerulopati Primer (10%), gangguan penyumbatan saluran kemih atau Nefropati Obstruksi (7%), karena Asam Urat (1%), Penyakit Lupus (1%) dan penyebab lain lain-lain (18%)

Hipertensi dan DM adalah penyumbang terbesar gagal ginjal di Indonesia, yang juga merupakan penyakit tidak menular terbanyak di Indonesia. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga mempunyai risiko terkena penyakit tidak menular (PTM), khususnya penyakit ginjal. Anak-anak memiliki risiko penyakit ginjal bahkan pada usia dini (bayi). Oleh karena itu, penting mendorong deteksi dini dan penerapan pola hidup yang sehat sejak Ibunya mengandung lahir, tumbuh, membesar dan terus berlanjut hingga masa tuanya

Dua penyakit tersebut kental dengan pola hidup di masyarakat sesuai dengan kebiasaan dan budaya, hal tersebut dapat kita kendalikan dengan menjalankan pola hidup sehat yang berdasarkan “CERDIK” antara lain C (Cek Rutin Kesehatan), E (Enyahkan Asap Rokok), R (Rajin Beraktifitas), D (Diet Seimbang), I (Istirahat cukup) dan K (Kelola Stress).

Baca Juga  Cermin Dunia Kedokteran Edisi 253 (Kulit)

Dengan “CERDIK” dengan harapan kita dapat lebih sehat dengan perilku hidup sehat terutama pada Diet Seimbang dengan menekankan pada cairan yang cukup minimal minum 2 liter sehari sesuai keperluan tubuh dan aktivitas tiap individu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.