Ajak Hidup Sehat, Puskesmas Pemurus Dalam Bentuk Kampung C.E.R.D.I.K

Bantu share ya

Dalam rangka peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat, Puskesmas Pemurus Dalam menggelar Lokakarya Triwulan di Aula PKK, Jalan Thamrin RT 42 Kelurahan Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan, Jumat (14/12/2018) pagi.

Dalam lokakarya tersebut dibahas seputar evaluasi kinerja puskesmas berdasarkan indikator kinerja standar pelayanan minimal kesehatan. Tidak hanya itu, capaian apa saja yang telah diraih serta masalah atau hambatan yang ditemui juga menjadi topik perbincangan. Seperti capaian Imunisasi MR, capaian PIS-PK dan rencana aksi hasil MMK 2.

 Kepala Puskesmas Pemurus Dalam dr Hj Novita, menekankan pentingnya lokakarya sebagai wadah komunikasi, koordinasi dan umpan balik lintas sektoral mengenai kesehatan masyarakat dan lingkungannya.

“Kita dengarkan masukan dari masyarakat dan menjadi evaluasi serta pertimbangan dalam penyusunan program kesehatan berikutnya,” ujar Hj Novita kepada BeritaBanjarmasin.com.

Ia memaparkan, pada Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) 2, didapatkan hasil dimana banyak penderita hipertensi yang tidak terkontrol dan tidak berobat secara teratur. “Maka dari itu kami berupaya untuk berinovasi dalam hal ini berencana membentuk ‘Kampung Cerdik’, ini sudah sempat disampaikan pada MMK 2,” bebernya.

Program Kampung Cerdik Puskesmas Pemurus Dalam itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat sekitar di bidang kesehatan. “Kelak kami berharap masyarakat di sekitar Kelurahan Pemurus Dalam bisa merasakan langsung manfaat lingkungan yang bersih dan sehat,” ujarnya.

Baca Juga  Cermin Dunia Kedokteran 247( Vascular)

Dasar Pembentukan Kampung Cerdik itu diperoleh dari Hasil PIS-PK, SMD, MMK dan Pemberdayaan Masyarakat. “Kampung Cerdik itu rencananya akan dibentuk di RT38, namun kami mengharapkan dukungan dan kerjasama dari RT sekitar juga untuk bisa terlaksananya dengan baik,” pungkasnya.

Selain dihadiri Kepala Puskesmas Dokter Hj Novita, turut hadir juga Lurah Pemurus Dalam  H Arliansyah, Babinsa Sertu Tono, Bhabinkamtibmas Brigadir Rahmadi, Ketua Dewan Kelurahan, perwakilan sekolah, ketua RW/RT serta kader kesehatan di wilayah kerja Pemurus Dalam. (edoz/sip)  Di lansir dari media online (https://www.beritabanjarmasin.com/2018/12/ajak-hidup-sehat-puskesmas-pemurus.html)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.